Membandingkan Kemewahan Gaya Hidup Bos Abu Tours vs First Travel

Biro perjalanan umrah Abu Tours tengah menjadi perbincangan di masyarakat. Pasalnya biro perjalan ini memiliki tingkah yang sama seperti biro First Travel. Abu Tours melakukan penipuan terhadap calon jemaahnya dengan iming-iming biaya umrah murah.

Bukan hanya motif penipuan, ternyata kedua bos biro umrah itu memiliki kelakuan yang sama dalam mempergunakan uang hasil menipu jemaah. Mulai dari koleksi barang mewah hingga pelesiran ke luar negeri.

1. Koleksi kendaraan mewah

– Abu Tours: koleksi Lamborghini dan motor BMW

Dalam akun instagramnya, Abu Hamzah sering rajin pamerkan aktivitasnya. Dalam salah satu unggahannya itu, Hamzah memamerkan dirinya yang sedang menunggangi koleksi kendaraan mewahnya.

Selain koleksi motor dari hasil penyelidikan kepolisian, Hamzah menggunakan uang jemaah untuk keperluan pribadi hingga membeli mobil Lamborghini.

“Dibelikan Lamborghini, Harley, rumah, dan ada juga buat investasi,” Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani saat dikonfirmasi kumparan (kumparan.com), Sabtu (24/3).

– Bos First Travel: Alphard, VW Caraville dan Pajero

Hal serupa dilakukan oleh bos First Travel, diketahui pasangan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan mengoleksi sejumlah mobil mewah dari Alphard VW Caraville, hingga Pajero.

Mobil Pemilik First Travel. (Foto: Ainul Qalbi/kumparan) 

2. Pelesiran ke luar negeri

– Abu Tours: pelesiran ke Jerman, Arab Saudi, hingga Amerika Serikat.

Selain kendaraan mewah, Hamzah juga dalam akun instagramnya sering mengunggah foto-fotonya ketika berkunjung ke luar negeri. Dari penelusuran kumparan(kumparan.com) tercatat setidaknya hamzah pernah berkunjung ke Jerman, Arab Saudi, hingga Amerika Serikat.

– Bos First travel: pelesiran ke 15 negara.

Hal itu terungkap dari hasil penelusuran yang dilakukan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang menemukan berbagai macam transaksi keuangan yang dilakukan Andika dan Anniesa yang kini sudah mendekam di penjara.

“Untuk pembelian rumah, mobil, barang-barang mahal lainnya, dan perjalanan ke luar negeri,” kata Wakil Kepala PPATK, Dian Ediana Rae, dalam pesan WhatsApp kepada kumparan, Selasa (22/8).

Anniesa Hasibuan. (Foto: Instagram/@anniesahasibuan) 
Anniesa Hasibuan dan Andika. (Foto: Instagram/@anniesahasibuan) 
Anniesa Hasibuan dan suami. (Foto: Instagram @anniesahasibuan) 

3. Koleksi barang mewah

– Bos First Travel: koleksi tas hermes hingga sepatu Gucci

Istri bos first travel, Annesa Hasibuan dikenal sangat menggandrungi barang-barang mewah seperti tas branded moschino, hermes, chanel, louis vuitton, hingga sepatu Gucci, Stella McCartney dan cicin ruby berlapis berlian.

Cincin yang digunakan Anniesa Hasibuan dan Andhika (Foto: Instagram/@anniesahasibuan) 
Tas mewah milik Anniesa Hasibuan. (Foto: Instagram/@anniesahasibuan) 
Anniesa Hasibuan. (Foto: Instagram @anniesahasibuan) 

– Bos Abu Tours: koleksi moge

Hal serupa pun dilakukan oleh bos Abu Tours. Namun bukan pada tas dan perhiasan, Hamzah lebih menggandrungi motor-motor moge.

4. Gunakan uang jemaah untuk investasi

– Bos Abu Tours: investasi belum diketahui

Uang jemaah tidak sepenuhnya dihambur-hamburkan untuk hidup glamour. Ternyata para bos biro travel itu pun memikirkan masa depannya dengan menginvestasikan sejumlah uang jemaah. Menurut pihak kepolisian, dalam kasus Abu Tours sejumlah uang jemaah digunakan untuk investasi. Namun belum diketahui investasi itu dalam bidang apa.

Butik Anniesa Hasibuan ditutup. (Foto: Amanaturrosyidah/kumparan) 

– Bos First Travel: cafe, restoran, hingga butik

Sama halnya dengan First Travel, uang jemaah diinvestasikan untuk membeli sebuah restoran yang harganya fantastis hingga membuka butik. Hal itu dikatakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Heri Jerman saat membacakan dakwaan di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, Senis (19/2).

“Untuk pembelian hak berusaha (bisnis) Restoran Golden Day Restaurant milik Love Health yang kemudian diubah menjadi Nusa Dua Restaurant sebesar Rp 10 Miliar,” kata Jaksa Heri.

Mengalir ke mana duit jemaah First Travel? (Foto: Faisal Nu’man/kumparan) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here